Al Maslahiyyun

“Al Maslahiyyun (Maslahat)” adalah lawan dari “Mafsadat”, yang berarti kebaikan; dan kebalikannya dari kerusakan. Kebaikan dalam arti Syari’at adalah terpuji, menguntungkan dan dibolehkan. Setiap orang membutuhkan “Maslahat”, bahkan mencari dan berjuang untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, jika ‘Aqiidah yang menjadi taruhannya, dalam artian : dengan sengaja ‘Aqiidah dijual, digadaikan, apalagi dengan sengaja merusak dan menentang ‘Aqiidah, sekedar untuk mendapatkan “Maslahat” itu; maka pastilah merupakan Maslahat yang tercela. Dan karena jumlah orang yang seperti itu bisa jadi tidak sedikit, maka muncullah istilah “Al Maslahiyyun”.

Sikap “Al Maslahiyyun” ini erat identik dengan sifat orang Munaafiq. Jika kaum Mu’minin menang, maka mereka ingin diakui berjuang bersama kaum Mu’minin dan kemudian berhak mendapatkan maslahat akibat kemenangan Mu’minin. Dan sebaliknya, jika kaum Muslimin yang kalah dan orang kaafir lah yang menang; maka mereka berbalik dengan mengatakan bahwa mereka telah berusaha berpihak kepada orang-orang kaafir, serta menyendat kemenangan kaum Muslimin, yang berakibat kemenangan menjadi diraih oleh orang-orang kaafir… dan pada akhirnya Maslahat pula yang mereka kejar dalam hal ini.

Selamat menyimak audio Khutbah Jum’ah tentang Al Maslahiyyun berikut ini.

Download:

Al Maslahiyyun

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *